Sabtu, 02 Oktober 2010

APAKAH SMARTKLAMP ITU ?

SmartKlamp adalah alat Khitan sekali pakai ( disposible ) berteknologi tinggi, yang di desain untuk menghasilkan khitanan yang lebih AMAN, CEPAT, dan CANGGIH. SmartKlamp terbuat dari bahan plastik pilihan yang bekerja seperti klemp pada tali pusar bayi yang baru lahir. Dengan menggunakan Smartklamp khitanan menjadi tanpa perdarahan, tanpa jahitan, sehingga mengurangi resiko penyebaran infeksi seperti AIDS atau Hepatitis dan membuat proses sunatan menjadi sangat Mudah dan Cepat.
SmartKlamp memberikan keamanan secara penuh kepada penis serta kepastian bentuk rupa hasil khitanan yang baik ( cosmetically predictable ). Alat SmartKlamp terdiri dari 2 bagian yaitu tabung ( tube ) dan ring Klemp ( Clamping ring ). SmartKlamp didesain dengan menggunakan teknologi plastikterkini, dan diproduksi dengan standar kualitas yang tinggi. Smartklamp hadir dalam berbagai ukuran, sesuai untuk bayi baru lahir hingga dewasa.


TAHAP PERSIAPAN
Sangatlah penting untuk menerangkan kepada anak mengenai khitanan dengan alat SMARTKLAMP. Ini akan menghilangkan rasa cemasnya. Khitanan dengan SmartKlamp memiliki prosedur yang sangat sederhana dan cepat, biasanya tidak lebih dari 5 - 10 menit saja setiap prosedurnya.
Sebelum Khitan, seluruh bagian penis dibersihkan sambil menarik foreskin ( kulup atau kulit muka ) kebelakang , kadang - kadang foreskin lengket pada penis dan tertutup ( fimosis ) sehingga dokter harus melonggarkannya.
Dalam beberapa kasus foreskin sangat sempit : dokter akan melebarkannya dengan jari. dokter dapat memilih injeksi kepada anak dengan pembiusan lokal, sehingga prosedur dilakukan dengan pembiusan lokal, sehingga prosedur dilakukan dengan tanpa rasa sakit.
Injeksi dilakukan pada pangkal penis dibawah kulit. Efek bius berkisar antara satu hingga dua jam saja.
jika orang tua menginginkan, anestesi topikal dapat diberikan sebagai tambahan sebelum injeksi, seperti cream atau spray.


TAHAP PENGUKURAN

Setiap penis memiliki ukuran yang berbeda - beda , sehingga harus diukur untuk memastikan ukuran SMARTKLAMP yang akan digunakan. Sebuah pengukur dengan beberapa lubang ( Size - O - Meter ) digunakan untuk mengukur diameter penis, kemudian ukuran yang benar dipilih.

TAHAP PENGKHITANAN

Sesaat setelah bius bekerja , dokter akan kembali menarik ke belakang foreskin, dan meletakkan tabung di atas kepala penis. Dokter kemudian akan menarik ke depan foreskin tepat di atas tabung ; Ring klem Smartklamp dimasukkan ke tabung: dan ketika posisinya telah pas maka ring klem kemudian dikunci.

Foreskin kemudian dipotong dengan pisau bedah ( scalpel ), persis di atas ring klem, dan khitanan selesai. tidak dibutuhkan jahitan dan perban. Smartklamp akan tetap pada penis hingga luka membaik sekitar 5 hari.


TAHAP SETELAH KHITAN
Setelah khitan anak dapat langsung dibawa pulang. Tidak ada perlakuan khusus yang mengharuskan anak beristirahat atau tempat tidur saja: dia akan dapat langsung beraktivitas seperti biasa. Namun demikian anak dianjurkan untuk tidak langsung melakukan kegiatan yang membutuhkan kekuatan berlebihan .

Smartklamp didesain untuk bertahan pada penis dalam janka lama : sangat ringan , dan dapat buang air kecil secara biasa ( urine melalui tabug ). Anda tetap diminta untuk memantau ketika anak buang air kecil ; jika dalam tempo 24 jam anak tidak dapat buang air kecil maka konsul ke dokter .

Sedikit sakit adalah hal yang normal dan dapat dihindari dengan paracetamol atau aspirin. Sangat di sarankan untuk menjaga kebersihan penis dengan membersihkan dan mandi secara rutin.
Pada kulit dimana smartklamp menempel nantinya akan nampak warna gelap/ kecoklatan . Hal ini adalah sangat wajar dan akan hilang dalam waktu beberapa hari.


TAHAP PELEPASAN SMARTKLAMP

Setelah 5 hari, smartklamp dapat dilepas sendiri oleh orangtua sesuai petujuk. Jika mengalami kesulitan , dapat meminta batuan dokter atau perawat di rumah sunatan.

Pelepasan Smartklamp adalah sangat sederhana, dan hanya beberapa detik saja. Untuk melepas smartklap sangat disarankan melembutkan kulit yang dikhitan dengan baby oil. Setelah Smartklamp dilepaskan, warna kulit yang keciklatan / gelap akan hilang dengan sendiri dalam beberapa hari saja. Jangan dikupas tapi dibersihkan dan mandi secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar