Senin, 18 Oktober 2010

Perawatan Setelah Khitan / Sunat dengan SMARTKLAMP

Tahap paling penting setelah berkhitan adalah perawatan, oleh sebab itu pengetahuan dan peranan ibu / bapak dalam melakukan tahap perawatan ini dapat perawatan ini dapat mempercepatkan proses penyembuhan.
Apabila perawatan tidak dilakukan dengan baik, masalah mungkin akan timbul, yang mana akan memperlambatkan proses penyembuhan.


Berikut Beberapa Tahap perawatan ;

Setelah Dikhitan
Setelah 3 jam istirahat , pasien boleh beraktivitas seperti biasa.
Segera minum obat penahan sakit untuk menghindari rasa sakit setelah pengaruh biusnya berkurang.
Gunakan air mandi yang bersih, jika memungkinkan boleh dicampurkan dengan antiseptik cair.
Bersihkan tabung hingga kering, sesudah membung air kecil atau mandi. setelah itu teteskan betadin di sekeliling luka bekas khitan dengan menggunakan cotton bud atau Gauze steril. Pakai syring atau spuit untuk mencuci kencing didalam tabung.

Setelah SMARTKLAMP dibuka
Bekas luka khitan akan berbentuk cincin berwarna hitam ( Necrotic ) yang akan terlepas dengan sendirinya dalam 5-77 hari.

Bersihkan hingga kering setiap kali habis membuang air kecil dan mandi, kemudian kompreskan betadhine menggunakan kain kasa steril dan biarkan hingga kering. lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Jangan Gunakan Kapas karena serat - seratnya mudah melekat pada luka.
Lakukan setiap kali habis mandi dan sehabis membuang air kecil. setelah itu penis dikompres dengan cairan revanol menggunakan kasa steril


INFORMASI PENTING UNTUK IBU/ BAPAk

1. Beberapa hari setelah tabung lepas akan tampak kulit sebelah dalam berbentuk seperti cincicn yang melingkar ( oedem ) dan berwarna agak kemerahan tetapi tidak menimbulkan rasa sakit.Keadaan seperti ini adalah normal dan oedem tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

2. Pasien merasa sakit pada ketika buang air kecil.

Biasanya terjadi pada pasien berfimosis ( kulit melekat pada gland penis dan ujungnya agak sempit ) karena terjadi iitasi/ radang pada gland penis sewaktu kulit dilepaskan. Berikan obat analgetik ( penghilang rasa sakit ) Jika setelah 48 jam khitan masih terasa sakit, segera hubungi dokter untuk mengetahui apa penyebabnyanya.

3. Setelah 1-2 hari tabung di lepas anak/ pasien selalu mengeluh saat memakai celana.
Hal ini adalah wajah terjadi akibat adanya gesekan dari kain terhadap gland penis yang ssensitif. Pada masa sebelum khitan , gland penis tertutup oleh kulit preputium sebagai pelindung dan setelah dikhitan tidak terdapat lagi pelindung tersebut. Kulit akan beradaptasi dengan gesekan kain dan rasa sakit akan hilang dengan sendirinya.

Perawatan Setelah Khitan,

1 komentar:

  1. suami sy baru disunat 1minggu yg lalu,,tp rasa sakitnya msh ada smpai saat ini juga bekasnya yg masih belum kering,,bsa minta infonya donk?gmn caranya agar menghilangkan rasa sakit akibat sunat

    BalasHapus